Perhatikan 7 Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Laptop. Nomor 5 Sering di Anggap Remeh Konsumen!


KupasTrik.com - Pasti di antara anda ada yang sedang bigung mau beli laptop baru atau bekas? Laptop merupakan sebuah kebutuhan pada saat ini, apalagi di era zaman now yang sudah modern ini semua dikerjakan dengan menggunakan laptop, bahkan ada seorang siswa disekolah yang menggunakan handphone ataupun laptop untuk mencatat pelajaran. Pada zaman now laptop tidak hanya digunakan untuk mengetik, namun laptop sekarang sudah bisa digunakan untuk bermain game dengan catatan laptop yang dipakai memenuhi persyaratan untuk bermain game.

Banyak orang - orang yang masih belum paham ketika hendak ingin membeli laptop dikarenakan minim nya pengetahuan seputar komponen - komponen yang ada pada laptop, dan tahukah anda? 70% orang yang membeli laptop secara sembarangan menyesal karena produk laptop yang dibelinya kurang cocok untuk dipakai untuk keseharian. Nah, pada postingan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang hal - hal apa saja yang diperhatikan sebelum membeli laptop baru maupun laptop second/bekas.


Lebih baik membeli laptop bekas atau laptop baru?

Kita ketahui bahwa barang - barang yang dibeli dari toko dan masih tersegel pastilah lebih baik dari pada barang yang kita beli secara second/bekas. Karena laptop yang masih terbungkus rapi dalam kemasan dan disimpan didalam toko belum terjamah oleh sembarang tangan (ya namanya masih baru), tetapi membeli laptop baru dapat mengeruk isi dompet kita lebih dalam lagi karena laptop yang masih baru cenderung lebih mahal dari pada yang bekas. Berbeda dengan laptop yang kita beli secara second/bekas, laptop bekas cenderung sudah tidak mulus lagi karena mungkin orang terdahulunya menggunakan laptop secara kasar dan tidak berhati - hati.

Tapi tak selamanya membeli laptop bekas adalah hal yang salah dan tidak semua laptop bekas itu buruk, hal yang membuat laptop itu buruk salah satunya adalah melemahnya kinerja laptop. Menurun nya kinerja laptop akan berdampak pada lemah nya sistem buka tutup aplikasi pada laptop kemungkinan hardware atau perangkat keras yang terdapat didalamnya mengelami penurunan kinerja ataupun sudah hampir rusak. Jadi perhatikanlah kinerja laptop sebelum membeli nya (jika bekas).

Anda juga bisa melihat rincian laptop beserta harganya di link berikut ini : Klik Disini 


1. Pilih laptop yang menggunakan prosesor generasi terbaru.



Prosesor merupakan komponen penting disebuah laptop. Ya, bagaimana tidak, tidaklah berjalan sebuah laptop bila tidak mempunyai prosesor. Ibarat manusia prosesor adalah otak utama disebuah komputer. Jadi jika kalian ingin membeli laptop perhatikan laptop itu menggunakan prosesor model apa, saya sarankan prosesor yang digunakan minimal adalah Intel Dual Core atau sedikit ke atasnya yaitu Intel Core i3. Kenapa saya sarankan untuk memilih laptop dengan prosesor Dual Core dan Core i3? Karena program atau aplikasi laptop zaman sekarang sudah semakin berkembang hal itu tentu saja membutuhkan kinerja prosesor yang cepat untuk hasil yang baik. Tapi yang paling penting adalah sesuaikan dengan budget yang anda miliki.


2. Pilih RAM yang sesuai dengan kebutuhan anda.


RAM (Random Access Memory) adalah sebuah komponen yang penting pada sebuah laptop, fungsinya adalah untuk menyimpan data untuk sementara. Dalam membeli laptop jangan lupa untuk perhatikan RAM karena kalau laptop yang anda pilih mempunyai kapasitas RAM yang dibawah standard maka nantinya anda akan menyesal. Pilih kapasitas RAM sesuai kebutuhan anda, bila anda menggunakan laptop untuk pekerjaan ringan seperti mengetik, mengedit foto, online di sosmed, upload foto alay, jika anda mempergunakan untuk hal seperti itu tidak apa kalian memilih dengan RAM yang kecil. Namun jika anda menggunakan untuk bermain game HD, multitasking, mengedit video, bermain point blank, ataupun membuat program sebaik nya anda pilih laptop dengan RAM berkapasitas 2GB - 4GB ataupun diatas itu lebih bagus.


3. Perhatikan ukuran resolusi layar laptop



Resolusi layar sangatlah penting demi menunjang kepuasan saat anda berada di depan laptop. Layar dengan resolusi tinggi membuat anda semakin menikmati hasil gambar yang ditayangkan laptop anda karena resolusi yang tinggi membuat gambar semakin jernih dan terlihat indah. Ukuran resolusi layar laptop saat ini mencapai 4K namun jika laptop yang anda beli memiliki resolusi layar berupa Full HD (1.920 x 1.080) itu sudah sangatlah cukup karena sudah dapat menampilkan gambar dengan jernih. Jika dilihat dari segi harga jelas laptop beresolusi 4K lebih mahal dari pada laptop dengan resolusi Full HD.


4. Jangan pilih laptop yang terlalu berat



Laptop yang berukuran 14" umumnya memiliki berat 2kg lebih sedikit. Pilihlah laptop yang beratnya tidak lebih dari itu karena dapat menyebabkan kelelahan bila terus di pikul baik menggunakan tas ataupun tangan kosong. Kalau bisa pilihlah laptop yang bermodel slim alias tipis biar kekinian 



5. Sudah memiliki type USB 3.0



Port atau lubang USB pada laptop sangatlah berguna untuk mengoneksikan laptop dengan flashdisk, port ini bisa di tandai dengan warnanya yaitu Port USB 3.0 berwarna biru seperti gambar diatas, apalagi pada zaman sekarang banyak hardisk dan flashdisk sudah mendukung teknologi USB 3.0 dalam arti sistem transfer data dari flashdisk ke laptop ataupun sebaliknya lebih cepat dari pada type USB 2.0 jadi selain memiliki USB 2.0 ada baiknya pilih laptop yang sudah tersedia USB 3.0 nya juga ya. Oh iya 1 lagi jangan lupa perhatikan lubang port USB laptop yang ingin anda beli, jangan pilih laptop dengan Port USB yang berdempetan karena akan susah bila ingin mencolok 2 flashdisk sekaligus.

6. Perhatikan kondisi fisik laptop



Perhatikan kondisi fisik laptop sebelum anda membeli nya dan membawa pulang, baik barang baru maupun laptop bekas wajib dilihat keadaan fisik nya, pastikan calon kekasih anda (laptop) tidak lecet, tidak ada bagian yang sompel dan pastikan 100% mulus (jika baru). Beda halnya dengan laptop bekas, namanya juga bekas pasti ada lecet - lecet sedikit di bagian body nya tapi asalkan kerusakan fisik itu tidak terlalu mempengaruhi kinerja laptop ya udah ambil aja gan hehehe tapi pastikan semua tombol - tombol pada laptop tidak ada masalah serta touchpad yang masih berfungsi.


7. Bila beli bekas periksa kondisi baterai laptop


Jika anda membeli laptop bekas, periksalah kondisi baterai laptop yang ingin anda beli, pastikan baterai masih layak pakai dan pastikan baterai belum drop (soak) karena apabila baterai drop itu mengharuskan anda untuk terus mengecas laptop ketika ingin digunakan. Beda halnya dengan laptop baru, laptop baru tentu saja baterai nya masih bagus dan masih sangat layak untuk digunakan (ya iyalah namanya baru)  Saran dari saya jangan diterima kalau baterai laptop yang ingin anda beli sudah rusak (soak) karena akan merepotkan anda, kalau mau di ganti biayanya pun mahal.
Anda juga bisa melihat harga - harga baterai laptop di website ini.



Ketujuh hal yang saya tuliskan tadi sangatlah wajib di perhatikan sebelum anda membeli dan membawa pulang laptop kesayangan anda. Karena jika terdapat masalah atau problem di ketujuh hal tersebut anda pasti sangat menyesal karena laptop yang anda inginkan tidak sesuai harapan. Terutama bagi yang ingin membeli laptop bekas harus lebih teliti sebelum membawanya pulang.

Baiklah cukup sekian postingan saya kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda yang bingung untuk membeli laptop baru atau yang bekas. Jangan lupa tinggalkan komentar bila ada hal yang kurang jelas, dan jangan lupa share ke teman anda bila info ini bermanfaat. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatikan 7 Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Laptop. Nomor 5 Sering di Anggap Remeh Konsumen!"

Post a Comment

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas