Cara Membackup Isi cPanel Dengan Baik dan Benar


KupasTrik.com - cPanel merupakan suatu online control panel yang berfungsi untuk mengatur website, membuat email, mengatur seluruh fasilitas web hosting, dan hal - hal lain yang berguna untuk tujuan membangun sebuah web. Biasanya sebuah web besar seperti website kampus, ataupun website sekolah menggunakan cPanel untuk menyimpan file - file mereka. Sebuah cPanel juga menyediakan fitur untuk membackup semua file - file, database, dan semua konfigurasi yang ada di cPanel itu.
Backup atau pencadangan pasti bukanlah kata yang asing di telinga kita, pasti kita sering mendengar istilah backup yang sering dibicarakan oleh teman atau orang - orang sekitar kita. Lalu apa arti backup yang sebenarnya? Backup merupakan sebuah aktifitas pencadangan atau menyalin ulang file - file yang ada di dalam suatu perangkat, dalam kasus ini kita akan mempelajari cara membackup file file penting kita pada cPanel yaitu untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan. Contoh nya cPanel yang kita miliki rusak atau di retas, maka secara otomatis file kita telah terinfeksi oleh hacker. Maka dengan itulah maka kita harus siap sedia kapanpun untuk rutin membackup cpanel kita.

BACA JUGA : CARA SETTING CRON JOBS DI CPANEL

Oke mari kita mulai saja tutorialnya :
1. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah anda mempunyai cPanel 


2. Login kedalam dashboard cPanel anda dengan cara mengetikan http://alamatwebanda.com:2082. Kemudian masuk menggunakan username dan password yang anda miliki sewaktu anda membeli cPanel itu kepada penyedia web hosting.


3. Setelah anda login, anda akan diarahkan ke dashboard akun cPanel anda. Tampilannya kurang lebih akan seperti ini. Setelah itu silahkan anda cari menu "Backup Wizard" untuk melakukan proses backup terhadap cPanel anda.



4. Selanjutnya anda akan diperlihatkan tampilan seperti dibawah ini. Lalu silahkan klik tombol backup berwarna biru disebelah kiri. Perlu diingat proses backup ini meliputi seluruh File dan folder didalam website anda, database MySql anda, dan konfigurasi email.



5. Lalu lihat kebagian sebelah kanan, "Select Partial Backup" klik tombol yang bertuliskan "Home Directory" untuk membackup file file yang ada di cPanel anda. Seperti file file PHP, HTML, CSS, dan Javascript, dan file file penting lain nya yang terdapat di website anda.



6. Setelah anda klik seperti gambar diatas, maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini. Nah selanjutnya klik tombol yang bertuliskan "Home Directory". Setelah anda klik maka sebuah file akan terdownload, file inilah yang disebut dengan hasil backupnya. Simpan file ini baik baik di komputer kesayangan anda.



Cara diatas adalah cara untuk membackup Home Directory yang ada di dalam website anda. Bila anda ingin membackup Database MySQL dan Email caranya tidak jauh beda dengan cara yang sudah saya tunjukan diatas. Silahkan bereksperimen sendiri . Tahukah anda membackup cPanel secara rutin sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan apabila website anda mengalami error, down server, di retas ataupun error lainnya. Jika anda sudah mencadangkan/membackup cPanel anda tentu saja bila hal yang saya sebutkan tadi terjadi pada anda, anda tidak mengalami kerugian yang besar karena anda sudah mencadangkan data cPanel anda dan anda dapat memulihkannya suatu saat.

Untuk Cara memulihkan data atau merestore data kesebuah cpanel akan saya buatkan tutorialnya dihari berikutnya. Ditunggu saja update terbaru dari blog ini ya. Jangan lupa share ke teman jika info ini bermanfaat.

Nah begitulah tutorial untuk membackup isi dari website melalui cPanel, lebih dan kurang mohon maaf. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Assalamualaikum Wr Wb.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membackup Isi cPanel Dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas