Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Didepan Laptop

Haloo Sahabat blogger. Ketemu lagi dengan saya Rizky Rahmansyah. Pada postingan kali ini saya akan membagikan tips kesehatan mata. Buat anda yang keseharian nya didepan komputer atau laptop mungkin membutuhkan cara ini untuk merawat mata anda agar tetap fresh dan gak gampang sakit. Sebelumnya saya juga sudah membagikan Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Komputer, namun pada postingan kali ini sedikit saya kembangkan dari part sebelumnya. Hehehe..


KupasTrik.com - Buat kalian yang sering menatap layar monitor baik itu untuk mengerjakan tugas sekolah, mengerjakan tugas kuliah, ataupun bagi anda yang bekerja yang setiap hari menggunakan laptop, atau bagi anda yang hanya sekedar mendengarkan lagu, menonton drama korea, ataupun main game dengan laptop, tentunya menatap layar laptop dengan waktu yang tidak lama akan membuat mata anda menjadi perih, memerah, bahkan merasakan pegal pada mata anda.  Nah untuk itu saya akan membagikan sedikit tips dan trik saya untuk meminimalisir itu semua dengan cara ini mudah-mudahan mata anda akan tetap fresh dan gak mudah perih.


1. Kurangi Kecerahan Layar Laptop anda

Mata adalah salah satu indera penglihatan yang sangat sensitif terhadap cahaya, apalagi cahaya yang ditimbulkan dari laptop atau gadget anda yang mengandung radiasi, nah paparan radiasi yang ditimbulkan oleh laptop atau gadget anda menyebabkan mata mudah perih bisa berlama - lama di depan laptop. Caranya adalah dengan mengurangi cahaya laptop anda yang caranya bisa anda cari referensi nya di google 

2. Pakailah Kaca Pelindung Anti Radiasi

Nah kalo yang nomor 2 ini saya memakai Kaca Mata Anti Radiasi yang bisa anda dapatkan di toko - toko kacamata di Kota anda. Caranya ya datang aja ke toko katamata trus bilang "Mbak saya mau beli kacamata anti radiasi". Harganya bervariasi mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 200.000 tergantung jenis kaca yang digunakan. Saya sendiri sudah menggunakan kacamata antiradiasi sejak saya melakukan rutinitas didepan laptop dan efek nya mata saya gak gampang perih dan sata tahan berjam - jam di depan laptop 

3. Sesuaikan Posisi Layar Dengan Mata Anda

Jangan meletakkan monitor diatas CPU karena monitor akan lebih tinggi dari mata kamu, dan jangan juga meletakkan monitor dengan posisi miring, nanti kamu akan susah melihatnya.  Posisi layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat mempengaruhi kesehatan mata, dengan begini mata kamu tidak mudah kelelahan akibat monitor yang terlalu tinggi. Sebaiknya carilah posisi yang ideal bagi sebuah monitor karena posisi monitor yang salah juga akan mempengaruhi mata kamu. Kesalahan yang paling fatal adalah dengan cara meletakkan monitor di lantai sementara kamu duduk di kursi, itu sangat sangat tidak dianjurkan oleh dokter manapun 



4. Beri Jarak Antara Monitor Dan Mata

Jarak antara monitor dan mata juga sangat penting dalam hal ini, jarak yang telalu dekat membuat mata cepat lelah, maka dari itu saya disini menyarankan agar memberi jarak antara mata dengan monitor kamu. Paling tidak kamu harus memberi jarak kurang lebih 50-70 cm atau setidaknya sepanjang lengan kamu cara nya luruskan lengan kamu ke arah monitor maka itulah jarak aman saat kamu bermain laptop atau komputer. Dan satu lagi, jangan sampai jarak kamu dengan komputer terlampau jauh, 500 meter misalnya, itu merupakan cara yang tidak efektif karena kamu akan kesusahan karna jarak yang terlalu jauh  

5. Jangan Lupa Kedip! Gan.

Inget gan jangan lupa untuk ngedipin mata. Mata berkedip merupakan suatu aktivitas yang jarang kita ketahui fungsinya. Tahukah kamu? Dalam sehari mata manusia mampu berkedip hingga 15.000 kali bagi yang sudah dewasa dan memiliki mata yang normal. Manfaat mengedipkan mata tentunya akan membuat kamu semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata yang dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta vitamin yang mendukung, serta tidak melakukan berbagai kegiatan yang memicu kerusakan pada mata.

Seringkali kita menganggap remeh aktivitas mata yang satu ini, namun sebenarnya inilah upaya terbesar dari organ mata itu sendiri agar terus bisa menjalankan fungsinya. Saking banyaknya kerjaan di laptop atau saking serunya film drama korea yang agan sist tonton semakin lupa agan sist untuk ngedipin mata. Nah jangan sampe lupa gan agar mata tetap sehat dan fresh normalnya berkedip paling tidak antara 2-4 detik sekali atau 15-30 kali kedipan setiap menit. Sering berkedip juga membawa bermanfaat untuk menjaga supaya mata nggak cepat kering. Gitu lo gan. 

6. Makan Makanan Yang Kaya Akan Vitamin 

Selain hal - hal diatas kalian harus memastikan makanan yang kalian makan itu mengandung vitamin A yang sehat untuk mata. Selain itu kalian harus juga sering memakan makanan yang mengandung omega 3, lutein, zinc, serta vitamin C. Contoh makanan nya yang baik untuk mata adalah sayur - sayuran seperti bayam, wortel, serta juga menkonsumsi jenis ikan - ikanan yang kaya akan vitamin seperti ikan salmon, ikan tuna.


Meskipun pekerjaan kamu sepenuhnya berada di depan laptop yang menurut sebagian banyak orang adalah hal yang tidak sehat, namun jika kamu menerapkan beberapa kebiasaan baik ini semoga kesehatan mata kamu tetap terjaga ya. Dan jangan lupa untuk bernafas, karena percuma saja bila kamu menjaga kesehatan mata tetapi kamu lupa bernafas

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Didepan Laptop"

  1. kacamatanya bisa di beli di segala toko kacamata gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan , disetiap toko kacamata ada kok :D

      Delete
  2. jangan lupa kedip yang sangat di anjurkan gan hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah betul gan, kalo gak kedip entar dikira ikan

      Delete
  3. baru tau kalo ada kaca mata kayak begitu gan, kalo misalnya kecerahan layarnya sudah dikurangin tapi lampu kamar di matiin tetep berpengaruh ke mata ga gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berpengaruh gan, keadaan ruangan harus terang biar seimbang dengan cahaya laptop agan

      Delete
  4. Emang mata itu kudu dijaga baik-baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget gan, kata org mata itu cahaya dunia. hehe

      Delete
  5. ada saran ga gan, maksimal kalo ngadep depan monitor itu berapa jam sehari? secara kan kita blogger ya pasti sering banget ngeliat layar. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya sist komentar yang bagus, biasanya maksimal saya kalo di depan monitor itu 2 - 3 jam, jadi kalo kira2 mata sudah lelah hentikan lalu keluar melihat pemandangan pepohonan yang rindang :D begitu sist

      Delete
  6. tips nomor 5 paling sulit dilakukan gan.. hehehe

    ReplyDelete
  7. Terima Kasih Infonya manfaat banget

    ReplyDelete
  8. Makasih om. Ternyata mata saya minus akibat nomer 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali kalo didepan monitor harus diberi jarak ya gan :D

      Delete

Harap dibaca terlebih dahulu :
1. Silahkan Berkomentar yang Membangun/Membantu
2. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
3. Jangan Membuat Onar/Menghina/Merendahkan!
4. Mohon Maaf Jika Komentarnya Tidak Dijawab Satu Persatu

Admin Sedang Online : Komentar Anda Akan Dibalas